Laman

Akhlak Tercela

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dosa adalah suatu perbuatan yang melanggar aturan tuhan atau agama yang biasanya disebut dengan perbuatan maksiat (yang memang sudah ada batasan batasan yang sudah ditetapkan diQur’an dan Hadist)
Sedangkan maksiat adalah menunjuk pada perbuatan yang melanggar perintah Allah
Jika seseorang sudah melakukan suatu hal yang melanggar maka akan mendapatkan dosa. Sedangkan orang yang memiliki dosa yang lebih banyak dari pada pahalanya maka akan mendapatkan balasan berupa neraka. Hal ini dapat dihapuskan jika orang tersebut mau bertaubat.
Lalu bagaimana cara bertaubat? Jika karena memang manusia adalah tempatnya salah dan lupa? Susah memang karena sudah tabiat manusia yang seperti itu. Maka jika kita terlanjur melakukan maksiat maka berikut ini adalah cara bertaubat :
·        Berusaha meninggalkan perbuatan itu
·        Bertekat untuk memperbaiki diri (Muhasabah)
·        Melakukan shalat taubat sebanyak-banyaknya
ان تجتنبوا كبا ءرما تنهون عنه نكفر عنكم سيءا تكم وند خلكم مد خلا كر يما
Dosa dibagi menjadi dua yaitu besar dan kecil.
(Q.S An-Nisa: 31)
Sesungguhnya Allah itu sangat sangat al-Karim. Bahkan jika kita melakukan suatu perintah Allah seperti puasa muharram maka akan diberikan ampunan satu tahun perbuatan, maha suci Allah. Namun jangan sekali-kali untuk melakukan perintah Allah demi ganjaran yang akan kita terima, itu hanya tidak menjadikan kita ikhlas dalam beribadah.
Ditanah Jawa, banyak orang menyebutkan bahwa hidup itu jangan sampe 5M yang diperkenalkan oleh Sunan Ampel. Adapun 5M adalah Mabok, Maen, Madon, Maling, Madat. Kita akan membahas yang pertama
Mabok : kita sudah pasti tau mengenai Khamr yang banyak jenisnya. Mabok sudah menjadi kebiasaan rakyat Jahiliyah, mabuk biasanya dilakukan setelah menang dalam perang. Hal ini identik dengan alkohol, batas minimal alkohol haram itu adalah 3% dalam takaran selebihnya tidak diperbolehkan atau haram. Beda halnya jika dengan resep dokter yang ditunjukkan untuk mengobati penyakit. Bagaimana jika tubuh kita sudah pernah masuk kedalamtubuh kita, maka akan mengenai jantung, hati, lambung, usus besar, usus kecil, dan otak. Sifat-sifatnya adalah mudah menguap, mudah terbakar, dll.
Menurut bahasa mabuk adalah membuat diri tak sadar diri secara berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat
Secara terminologi mabuk adalah aktivitas meminum, memakan, menghirup atau menghisap bahan yang dalam jumlah tertentu membuat mabuk.Menurut bahasa khamr adalah menghalangi, menutupi(akal). Sedangkan menurut pakar adalah sebagai berikut.
M.Quraisy sihab: segala sesuatu yang memabukkan apapun bahan mentahnya
MUI: segala sesuatu, baik minuman atau wujud lain yang menghilangkan akal dan digunakan untuk bersenang-senang.
(segala sesuatu yang memabukkan iu adalah khmar, sedangkan khamr itu haram)
Untuk 5M yang selanjutnya akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Jazakumullah semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
0 Komentar untuk "Akhlak Tercela"

Back To Top