Laman

Benarkah Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang palig sempurna?

Manusia adalah Ciptaan Allah Paling Sempurna

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Langsung saja pada pokok pembahasan. Dalam Islam, dikatakan bahwa makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna adalah manusia. Lalu terdapat pertanyaan dari pernyataan tersebut. Apa sih alasan Allah mengatakan bahwa manusia adalah mahakarya ciptaannya. Ternyata hal itu terjawabkan oleh beberapa hal berikut:

        ય   Manusia memiliki Akal, Ruh dan Nafsu.
        ય   Manusia memiliki struktur tubuh yang luar biasa.

          Namun timbullah rasa ingin tau, apa hanya itu alasan Allah menjadikan manusia sebagai makhluk ciptaannya yang paling sempurna? Ternyata tidak masih ada beberapa hal lain yang saya temukan, yaitu:
     Karena makhluk lain diperintahkan untuk bersujud kepada manusia.
     
          Hal ini tercantum pada Al-Qur’an. Ingatkah anda kepada cerita para malaikat dan iblis yang perintah Allah untuk menyembah Nabi Adam?? Pada saat itu Allah memberikan sinyal bahwa manusia adalah makhluknya yang lebih mulia dari pada makhluk lainnya.
         Karena manusia adalah Khalifah dibumi ini.

Jelas, pernah terjadi percakapan antara Allah dengan Malaikat. Malaikat bertanya “Wahai Allah, mengapa engkau turunkan manusia kebumi??.” Allah pu menjawab “Aku jadikan mereka Khalifah dibumi ini.” Lalu Malaikat bertanya kembali “Mengapa manusia wahai Allah?? Bukankah mereka akan melakukan kejahatan disana?? Akan terjadi pertumpahan darah disana wahai Allah.” Lalu Allah pun menjawab “Hanya akulah yang tau.”
         Karena makhluk lain yang paling tinggi derajatnya tidak setara dengan manusia yang paling tinggi derajatnya.

Hal ini pernah dikatakan oleh Malaikat Jibril. Ketika kisah Mi’rajnya Nabi Muhammad. Pada saat itu Malaikat Jibril mempersilahkan Nabi Muhammad sembari mengatakan “Silahkan wahai Rosululloh, aku sudah tidak bisa lagi menemanimu untuk menemui Allah.” Rosul pun bertanya “Mengapa begitu ya malaikat?” Malaikat pun menjawab “Diatas sana sudah bukan maqom saya ya Rosul. Silahkan anda lanjutkan perjalanan ...” disini jelas dikatakan bahwa derajat malaikat yang tertinggi yaitu malaikat Jibril, tidak bisa disamakan dengan derajat Nabi Muhammad.

          Dan ternyata setelah saya telusuri lebih lanjut, alasan Allah mengatakan bahwa manusia adalah makhluk terbaik yang pernah Allah ciptakan tidak hanya berhenti disini. 

     ય Jika berbicara mengenai Iblis, maka ia akan selalu berjalan dibawah garis x. Lebih tepatnya selalu berbuat kemaksiatan dalam hidupnya. Seperti yang telah dijelaskan, karena Iblis hanya memiliki nafsu, maka tidak akan berbuat suatu hal yang baik.      
     ય Sedangkan Malaikat, maka ia akan selalu berjalan diatas garis x. Lebih tepatnya selalu berbuat kebajikan, tanpa ada sedikitpun nafsu untuk berbuat kemaksiatan. Memang karena Malaikat diciptakan untuk beribadah dan taat pada perintah Allah SWT.
     ય Sekarang Manusia, maka ia akan berjalan tidak stabil diatas atau dibawah garis x. Hal ini dikarenakan Manusia memiliki Akal dan Nafsu. Maka dari itu Manusia akan dengan mudahnya untuk terombang-ambing. Namun hebatnya, semakin lama Manusia hidup, maka semakin dewasa pula ia dalam menentukan grafik kehidupannya. Karena Manusia memiliki Akal dan Nafsu sekaligus, maka bisa dibilang Manusia dapat menjadi Iblis ataupun Malaikat. Sedangkan Malaikat atau Iblis tidak akan pernah bisa menjadi Manusia.

          Dari sini sudah jelas jawaban yang kita cari, yaitu memang Manusia lah manusia paling sempurna yang telah diciptakan oleh Allah SWT. Maka, sebagai makhluk paling sempurna janganlah kita untuk berbuat sesuatu yang dapat mencoreng hal itu. Kita Manusia adalah khalifah dibumi ini. jangan nodai, jangan kotori dan jangan rusak bumi ini. Karena bumi adalah titipan untuk kita. 

     Marilah kita jaga bumi ini, Inshaallah berkah Allah akan selalu tercurahkan untuk kita. amin.

Jazakumullah, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
0 Komentar untuk "Benarkah Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang palig sempurna?"

Back To Top