Laman

yang NDESO itu SIAPA??

بسم الله الر حمن الر حيم
Assalamu’alaikum Wr. Wb.



Mungkin bisa dibilang untuk beberapa anak Indonesia merasa tidak beruntung karena telah dilahirkan diIndonesia. Terlebih lagi anak desa, yang notabenenya menjadi bahan olok olokan warga. Mengapa bisa demikian?? Mungkin permainan, cara pandang, dan perilaku mereka berbeda dari warga Indonesia lainnya. Dan hal ini lah mengapa mereka diper olok oleh beberapa dari kita, warga Indonesia khususnya warga kota.
Katanya BHINNEKA TUNGGAL IKA, berbeda tetapi tetap satu jua. Cita cita bangsa yang sudah lama kita teriakkan terhalangi dengan penghalang yang terlanjur kita buat. Untuk itu, dari sini saya akan mencoba mengajak untuk membenahi diri dengan cara seperti apa??
Dengan cara mengetehaui harapan harapan kawan kita yang tinggal di desa. Sehingga, rasa iba akan kembali terasah. Bukan hanya kepada sesama yang telah dikenal. Tetapi kepada siapa saja.
Beberapa dari kita pasti pernah mengatakan. Bahwa uang, fasilitas, makanan adalah yang mereka butuhkan. Tapi ternyata tidak. Yang mereka butuhkan adalah support dari sesama warga Indonesia. Bukannya olok olokan. Bagaimana tidak?? Bayangkan saja cara bangkit dari keterpurukan tanpa adanya support. Tanpa adanya dukungan.
“Dasar NDESO” sering menjadi bahan pembicaraan publik. Ada juga yang mengatakannya dengan rasa penghakiman atau hanya sekedar candaan. Menurut sebagian dari kita, orang desa adalah udik, tidak tau sopan santun, dan lain sebagainya.
Namun jika kita lihat keadaan sesungguhnya. Keadaan dimana orang desa tinggal. Akan dirasakan suasana tenang, tentram, nyaman. Bukan hanya karena lingkungannya. Tapi juga karena orang orangnya. Orang desa terhadap sesama lebih cenderung memberi tanpa peduli ia pernah diberi atau tidak. Orang desa juga cenderung suka membahagiakan orang lain. Dan mengerti adab, sehingga cenderung melakukan yang terbaik.
Lalu, bagaimana dengan hal di atas?? Bagaimana dengan olok olokan tadi?? Perkataan yang sering kita ucapkan. Pantaskah beberapa dari kita menyebutkannya?? Waktu untuk introspeksi diri. Sering kali kita melihat kesalahan orang lain dari pada melihat kesalahan diri sendiri. Memang, kita pasti melakukan apa yang kita anggap paling benar. Namun apa salahnya untuk melakukan introspeksi diri??
Bukan hanya masalah keNDESOan, namun juga problem lain. Hal lain, perilaku lain antara kita dengan teman kita hanyalah perekat yang diberikan Allah SWT. Allah memberikan itu semua pasti dengan sebab, agar kita terbiasa misalkan atau juga menghargai.
Jadi, percayalah bahwa diri kita bukan lah yang terbaik. Tapi teruslah berusaha untuk menjadi lebih dari diri kita yang kemarin. Selanjutnya adalah diskusi yang dapat kawan tuliskan di kolom comment.
Semoga bermanfaat, jazakumullah.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
3 Komentar untuk "yang NDESO itu SIAPA??"

Visit me tipskenyud.blogspot.co.id
Sesama ank man2

Ga ada kok anak-anak yang bisa milih dilahirin dimana.
Semua udah kehendak yang kuasa. Kita diciptakan berbeda-beda supaya bersyukur :)

saya setuju dengan pendapat Mas Efnu. Kita beda untuk memperindah kehidupan. namun yang saya tekan kan adalah rasa menghargai antar sesama, serta kesalah pahaman yang ada pada saat ini.

Back To Top